27 Desember, 2015

Bisnis Adalah Keharusan

Assalamu'alaykum...

Apa kabar para pembaca setia blog saya? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Sudah lama saya tidak menulis di blog saya ini karena kesibukkan saya bekerja sebagai seorang guru di sebuah sekolah. Kali ini saya ingin sharing tentang "bisnis merupakan keharusan".

Sebagian orang di sekeliling saya yang melihat pekerjaan saya sebagai seorang guru telah berpikir bahwa menjadi guru itu enak karena jam kerjanya sedikit. Berangkat pagi, jam 4 udah pulang. Kalo yang sudah berkeluarga, masih bisa mengurus anaknya pada saat pulang sekolah. Pada saat anak-anak sekolah libur, maka guru ikut libur juga. Apalagi kalo ngajarnya di sekolah negeri. Beberapa sekolah negeri tidak mengharuskan gurunya stand by di sekolah dari pagi sampai jam pulang sekolah. Hanya datang pada saat ada jam ngajar saja.

Berbeda sekali dengan pekerja kantoran atau karyawan. Mereka berangkat pagi-pagi sekali dan pulang menjelang magrib bahkan ada yang larut malam. Bahkan ada yang menyebutnya "berangkat petang pulang petang". Selain itu mereka juga harus menghadapi bos-bos yang mungkin bisa memarahi mereka seenaknya jika pekerjaan yang mereka kerjakan ada yang salah. Belum lagi para buruh pabrik yang baru kerja beberapa bulan sudah habis kontraknya. Setelah itu mereka bingung mau mencari kerja kemana lagi.

Saya selalu berpikir bahwa setiap pekerjaan pasti ada sisi baik dan sisi buruknya. Kebanyakan orang melihat pekerjaan saya saat ini hanya dari sisi baiknya saja. Mereka tidak tahu berapa honor guru-guru tidak tetap di Indonesia ini. Berbeda dengan di negara lain yang sangat memperhatikan kesejahteraan guru. Saya tidak ingin membahas lebih banyak tentang honor. hehe.. Begitupun dengan pekerjaan sebagai karyawan atau pun buruh juga ada sisi baik dan buruknya. Hanya mereka lah yang sudah menjalaninya yang memang paham betul apa sisi baik dan apa sisi buruknya. ^__^

Terlepas dari apapun pekerjaan kita, yang kita harus ketahui dan pahami bersama bahwa pekerjaan-pekerjaan apapun itu dimana kita masih bekerja pada orang lain atau perusahaan yang bukan milik kita, maka yang kita peroleh hanya terbatas pada gaji dan bonus yang telah ditentukan. Mungkin gaji dan bonus itu akan naik dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kriteria tertentu.

Sedangkan ketika kita memiliki bisnis sendiri, kita yang menjadi bosnya, dan kita juga yang bisa menargetkan berapa besarnya omset yang ingin kita peroleh dalam waktu berapa lama. ^__^

Pandangan saya tentang bisnis adalah seperti berikut:
  • Bisnis itu termasuk 9 dari 10 pintu rezeki.
  • Ketika saya menjadi seorang pebisnis, maka saya bisa memperoleh omset yang mungkin tidak pernah saya bayangkan sebelumnya.
  • Ketika saya menjadi seorang pebisnis, maka saya bisa mengupayakan omset itu dengan sholat dhuha dan shodaqoh. Karena pebisnis hebat seperti mas IPPHO SANTOSO pun mengajarkan kepada para pebisnis untuk tidak pernah meninggalkan sholat dhuha dan shodaqoh.
  • Ketika saya menjadi seorang pebisnis, maka saya bisa membuka lapangan kerja baru sehingga banyak pengangguran yang akan terbantu untuk bisa bekerja.
  • Ketika saya menjadi seorang pebisnis, maka saya bisa bekerja sesuai dengan waktu yang saya inginkan. Ketika bisnis yang saya jalankan sudah berkembang pesat maka saya bisa memiliki FINANCIAL FREEDOM dan TIME FREEDOM.
  • Ketika financial freedom dan time freedom sudah saya dapatkan, maka saya tidak perlu berpikir tentang uang lagi. Saya hanya tinggal berfokus untuk membantu orang-orang mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan saya bisa melakukannya kapanpun. ^__^

Wait..wait.. 
Ini bukan berarti saya tidak bersyukur dengan rezeki yang ALLAH berikan saat ini. Tapi menjadi kaya itu suatu keharusan. Kenapa?? Coba baca deh buku-bukunya mas IPPHO SANTOSO. Dari buku itu yang saya pahami bahwa menjadi kaya itu harus karena ketika kita kaya maka kita bisa membiayai banyak orang untuk pergi umroh, kita bisa menolong banyak orang yang mengalami kemiskinan, bahkan kita bisa berjihad untuk agama kita. ^_^

Tapi kalo kita nya aja serba pas-pasan, bahkan kekurangan, maka bagaimana bisa bantu banyak orang? Yang ada malah kita yang dibantu. Mau membantu atau dibantu?? ^_^

Lalu bagaimana caranya supaya cepat kaya??  JADI PEBISNIS!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar