21 Mei, 2010

Teringat Tugas Seni (Bikin Patung)

Sewaktu gw di SMA, tepatnya kelas 2 SMA, guru seni rupa gw ngasih tugas bikin patung perkelompok. Gw sekelompok sama Fricil, Maya, Nenek, Risma, Indri, dan Eva. Kami berencana untuk bikin patung mobil. Terus kami coba tuk membuat design mobinya. Nih dia designnya.

Kita mulai deh beli bahannya. Mulai dari ram kawat, pasir, semen, batu bata, dll. Terus ada yang bawa sendok semen, ember buat ngaduk semen, waterpass, tang, pokoknya alat bangunan gitu dah. Ini bener-bener pertama kalinya kita bikin kayak beginian. Wuaahhh,, pengalaman yang seru nih..
Mulanya sih ga tau ukuran perbandingan antara semen dan pasir saat bikin adukan. Setelah nanya-nanya, ternyata perbandingannya itu tergantung pada hasil yang diinginkan. Kalo hasilnya pengen lebih kuat, maka yang dipake 3:1, 3 sendok pasir dan 1 sendok semen. Bahkan kalo bisa 2:1, 2 sendok pasir dan 1 sendok semen. Tapi ada juga yang pake 4:1, 4 sendok pasir dan 1 sendok semen. Intinya tergantung kebutuhan.
Well, kita liat lagi yuuk foto-fotonya.
Ini lagi bikin kerangka patung.
Nah kalo yang ini lagi bikin bawahnya yang buat menyangga mobil itu biar lebih tinggi.



Setelah penyangganya udah jadi, mobil kita letakkan diatasnya. Terus kita mulai pasang rodanya.
Mobilnya kita isi pake potongan-potongan genting, plastik dan kertas yang udah ga dipake.
setelah itu kita menutupnya dengan adonan semen dan pasir.
Kalo yang ini lagi motong bambu buat bikin kayak yang di design itu tuh..
Berhubung nyoba masang bambunya tapi ga bisa-bisa, yawda deh ga dipakein bambu jadinya.
Nyoba ngegambar lampunya nih. Trus di cat juga deh.
Inilah dia mobil kami...
Karena waktu yang udah mepet, kita ga bisa menyelesaikan patung ampe bener-bener selesai. Alhasil tuh patung ga sesuai sama sketsanya deh. Tapi gapapa. Yang jelas, tugas ini memberikan kita banyak pengalaman. Dan juga telah menghabiskan biaya yang yaah lumayan juga. :)
Patung ini juga kuat lho buat duduk. Karena letaknya yang strategis dideket kantin, kadang-kadang didudukin deh sama anak-anak ibu kantin. Tapi didudukin sama gw juga kuat koq. Hhehe,,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar